16 Desember 2007

Penyebaran Virus Komputer

Berikut adalah gambaran umum cara penyebaran berbagai jenis virus komputer yang umum pada saat ini


Boot Sector Virus

Sebuah PC terinfeksi oleh boot sector virus jika PC tersebut di - boot atau di - re boot dari floppy disk yang telah terinfeksi oleh virus jenis ini. Boot sector virus cenderung tidak menyebar melalui jaringan komputer, dan biasanya menyebar akibat ketidaksengajaan penggunaan floppy disk yang telah terinfeksi.


File Virus

Virus jenis ini menginfeksi file lain ketika program yang telah terinfeksi olehnya dieksekusi. Oleh sebab itu virus jenis ini dapat menyebar melalui jaringan komputer dengan sangat cepat.


Multipartite Virus

Virus jenis ini menginfeksi baik boot sector maupun file jenis lain.


Macro Virus

Macro adalah perintah yang berisi perintah program otomatis. Saat ini, banyak aplikasi umum yang menggunakan macro. Jika seorang pengguna mengakses sebuah dokumen yang mengandung macro yang telah terinfeksi oleh virus jenis ini dan secara tidak sengaja mengeksekusinya, maka virus ini dapat meng - copy dirinya ke dalam file startup dari aplikasi tersebut. Sehingga komputer tersebut menjadi terinfeksi dan sebuah copy dari macro virus tersebut akan tinggal di dalamnya.

Dokumen lain di dalam komputer tersebut yang menggunakan aplikasi yang sama akan terinfeksi pula. Dan jika komputer tersebut berada di dalam sebuah jaringan, maka kemungkinan besar virus ini dapat menyebar dengan cepat ke komputer lain yang berada di dalam jaringan tempat komputer tersebut berada. Bahkan jika dokumen yang telah terinfeksi dikirimkan kepada orang lain, misalnya melalui floppy disk ataupun email, maka virus akan menjangkiti komputer penerima pula. Proses ini akan berakhir hanya apabila jika virus ini telah diketahui dan seluruh macro yang terinfeksi dibasmi. Macro virus merupakan salah satu jenis virus yang paling umum saat ini. Aplikasi seperti Microsoft Word dan Microsoft Excel tergolong sangat rentan terhadap virus jenis ini. Satu hal yang membuat penyebaran virus ini menjadi sangat ” sukses ” adalah karena aplikasi jenis ini kini lebih umum dipertukarkan pengguna dibandingkan file - file program, dan juga merupakan dampak langsung maraknya penggunaan aplikasi email dan web dewasa ini.


Email Worm

Sebagian besar penyebab penyebaran virus saat ini adalah attacment email yang telah terinfeksi. Kemudahan pengguna untuk mendownload attachment email tersebut dan mengeksekusinya. Hal ini dikarenakan sering kali isi email yang bersangkutan bersifat ” mengundang ”, misalnya saja untuk kasus worm I Love You yang menyebar dengan nama file LOVE-LETTER-FOR-YOU.TXT.vbs disertai dengan pesan yang berbunyi : “ kindly check the attached LOVELETTER coming from me ”. Selain melalui email, worm juga dapat menyebar melalui newsgroup posting.


Removable disk

Saat ini, removable disk merupakan media penyebaran virus yang paling efektif dan paling sering digunakan. File virus yang sudah dieksekusi akan menginfeksi removable disk yang terhubung dengn komputer saat itu sehingga virus akan membuat duplikat file virus di removable disk tersebut. Untuk lebih memudahkan penyebarannya, virus akan membuat file autorun agar ketika removable disk tersebut dihubungkan dengan komputer lain maka secara otomatis file duplikat virus yang dibuat di removable disk tersebut akan dieksekusi dan menginfeksi komputer tersebut.

Tidak ada komentar: